Peringatan! Khususnya Bagi Para Wanita, KENALI SEBELUM TERLAMBAT!!! Berikut 5 Ciri-Ciri 'KEPUT!H4N' Tak Normal Dan Berbahaya

Di kesempatan kali ini, kami ingin membahas sedikit mengenai k3put!h4n yang tak normal. Keput!han pada dasarnya wajar terjaadi. Tetapi sedikitnya ada lima tanda-tanda yang perlu Anda waspadai saat keput!han mulai tak wajar.


Cairan tubuh yang keluar per v4gin4m bisa adalah cairan yang normal, dan bisa adalah cairan yg tidak normal. Tahukah Anda kalau keput!han bisa menjadi tanda dari berbagai penyakit. Tetapi Anda perlu tahu dahulu gimana ciri keput!han yg tidak wajar. Bagaimana ciri keput!han yg tak wajar? Mari kita simak satu per satu ulasannya berikut ini.

1. Cairan berubah warna

Cairan keput!han mempunyai warna normal keput!han. Tapi ketika carian alami perubahan warna (jadi putih susu, keabuan, sampai kehijauan), maka Anda perlu waspadai ada masalah pada v4gin4. Biasanya, pemicu perubahan warna tersebut yaitu infeksi oleh bakteri.

2. Berbau

Ciri lain dari keput!han yg tak wajar adalah berbau. Keput!han yang abnormal tak memiliki bau yang khas. Bau keput!h4n bisa jadi amis pada masalah tertentu. Saat keput!h4n telah berbau, cobalah untuk segera tanyakan dengan dokter.

Berikut sinyal lainnya saat keput!h4n telah mulai berbahaya :

3. Keput!h4n bergumpal

Keput!h4n bisa mempunyai ketekunan yang tidak sama. Seharusnya ketekunan keput!han yang normal yaitu cair serta tak bergumpal. Tetapi bila keput!han telah bergumpal, patut dicurigai ada infeksi jamur.

4. Disertai keluhan nyeri kencing

Keput!h4n yang normal tak mempunyai tanda-tanda sampingan. Namun pada sebagian kondisi, apabila keluhan dibarengi keluhan nyeri kencing, maka patut anda waspadai ada infeksi bakteri. Kontrol untuk tahu ada infeksi bakteri yaitu dengan lakukan pemeriksaan urin.

5.  Tingkah Laku Berisiko

Apakah keput!h4n yang dirasakan didahului oleh tingkah laku berisiko? Tingkah laku berisiko yang disebut yaitu hubungan s3ks bebas. Hubungan s3ks bebas dapat mengakibatkan seseorang terinfeksi kuman yang ditularkan melalui hubungan s3ksual seperti Gonorrhea.

Bagaimana caranya menghindari keput!h4n yg tak wajar? Keput!han yg tak normal bisa hindari dengan melindungi kebersihan daerah v4gin4 serta menjauhi tingkah laku berisiko. Jaga selalu kebersihan pada daerah v4gin4 dengan mengganti pembalut secara teratur, ganti celana dalam bila lembab.

Selain itu, hindarilah pemakaian produk pembersih kemaluan yang bisa menyebabkan perubahan keasaman serta keseimbangan bakteri. Saat akan mencuci sesudah buang air kecil, lakukanlah dengan arah dari depan ke belakang memakai handuk. Tingkah laku berisiko yang disebut yaitu jalinan s3ksual tanpa pengaman yang bisa mengakibatkan penularan bakteri, bahkan juga HIV.

Nah, itulah ulasan kami mengenai k3put!h4n yang tak wajar. Jika dirasa bermanfaat silahkan dibagikan ke akun media sosial anda.